Cara Aman Belanja Online

Cara Aman Belanja Online

 

Pesatnya perkembangan teknologi memang membuat banyaknya perubahan pada kehidupan masyarakat saat ini. Teknologi yang semakin maju membuat masyarakat kini menyukai hal-hal yang instan, mudah, dan cepat. Salah satunya yang sering dilakukan kebanyakan orang saat ini adalah berbelanja online , berikut ini cara aman belanja dan transaksi via online yang dapat dilakukan.
Perhatikan Deskripsi Produk dengan Teliti
Banyak orang yang sering menerima pesanan yang tidak sesuai dengan keinginannya karena tidak membaca dengan teliti mengenai deskripsi produk yang akan dibeli. Dalam berbelanja online, konsumen tentu saja tidak dapat melihat langsung kondisi fisik dari barang yang ada. Sehingga akan lebih baik untuk memperhatikan deskripsi produk dengan lebih teliti.
Hindari Penggunaan Wifi Publik
risiko yang paling sering terjadi pada pembelian melalui online adalah identitas dan data pribadi dari akun dapat tercuri oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, agar menghindari hal tersebut sebisa mungkin hindari menggunakan wifi public saat mengakses transaksi online.
Jangan Lupa Menyimpan Bukti Transaksi
Yang paling penting pada transaksi online adalah jangan lupa untuk menyimpan segala bukti transaksi. Selain itu, jangan lupa pula untuk menyimpan informasi detail terkait transaksi barang yang sudah dibeli.
Gunakan Rekening Bersama
Dalam berbelanja online, menggunakan rekening bersama memang cara teraman agar transaksi online yang dilakukan dapat berjalan dengan aman dan nyaman serta terhindar dari risiko penipuan.
Sistem rekening bersama ini, uang yang ditransferkan tidak akan sampai ke penjual jika barang tersebut belum sampai ke Anda. Penjual baru bisa mendapatkan uang tersebut ketika sudah mengkonfimasi keberhasilan dari transaksi online yang dilakukan.
Pilih Penjual atau Seller yang Memiliki Reputasi Terbaik
Setelah itu carilah seller dengan reputasi terbaik. Terkadang meskipun berbelanja di situs-situs online terbesar yang menerapkan sistem marketplace tetap saja ada penjual-penjual yang tidak professional. Sehingga tentu saja akan merugikan nantinya. Untuk itu pastikan untuk memilih seller terbaik yang memang sudah direkomendasikan serta memiliki reputasi yang cukup bagus.
Transaksi Online | Belanja Online | Jual Beli Online | Online shop | Pasang Iklan Gratis